present, is a gift from the past ...

Supported by seowaps

Sabtu, 21 Januari 2012

mabok cinta #2 (Anna Sullivan)







masih inget postingan mabok cinta #1 gue tentang Helen Keller?? postingan yang kedua ini tentang gurunya Helen Keller, Anne Sullivan.

Anne Sullivan ini orang yang paling berjasa dalam hidup Helen Keller. dan gue berterima kasih sekali karena Helen Keller bukan tipe 'kacang lupa kulitnya'. Helen Keller justru sangat mengagumi gurunya ini. seperti quote Helen Keller yang bilang bahwa hal paling bersejarah dalam hidupnya itu adalah saat Anne Sullivan datang menemuinya.

ga banyak cerita yang membahas soal Anne Sullivan. gue bingung... padahal menurut gue,, ga akan ada Helen Keller,, kalo Anne Sullivan ga ada di dunia ini! yang gue tau,, kisah hidup Anne Sullivan juga sangat menarik. Anne Sullivan adalah anak dari keluarga miskin. Anna Sullivan tinggal bersama ayah, ibu, dan adik laki-lakinya dengan pas pasan. umur 5 tahun, Anne Sullivan menderita penyakit Trakoma (sejenis penyakit yang bisa membutakan mata). Anne hampir buta total karena penyakit itu. umur 7 tahun,, karena gizi buruk, ayah dan ibu Anne Sullivan meninggal dunia. tinggal Anne sendirian,yang harus berjuang menghidupi adiknya yang terserang TBC. mereka ditampung di panti asuhan. sampe akhirnya, adik laki-laki Anne, satu-satunya temen berbagi Anne, satu-satunya keluarga Anne, meninggal dunia juga karena TBC.

sampe disini,, adakah yang masih berteriak bahwa nasibnya yang paling naas di dunia???  

hallooo... lo liat tuh kisah hidup Anne Sullivan,, sejak lahir dia bahkan ga pernah merasakan kesenangan! umur 7 tahun jadi yatim piatu! harus ngurusin adiknya yang sakit pulaa!! tau kisah ini bener2 bikin gue malu (lagi), karena gue bisa dengan gampangnya mengumpat tuhan atas ketidakadilan, padahal dalam hidup gue sebenernya ga ada yang pantas gue keluhkan. Anne Sullivan bener2 wanita tangguh, di umur segitu dia berjuang sendirian tanpa sanak sodara. lo harus tau bagaimana kerasnya usaha dia untuk meyakinkan pemilik panti asuhan untuk mau menyekolahkan dia!! Anne  belajar di Perkins Institute for the Blind karena penyakit yang di deritanya yang membuatnya hampir buta.

setelah lulus, Anne Sullivan diminta untuk mengajari Helen Keller yang buta, tuli, dan bisu. Helen Keller masih sangat kecil dan masih ga bisa nerima keadaan bahwa dia buta, tuli, dan bisu. untuk itu, gue yakin 100% kalo Anne Sullivan pastilah manusia yang memiliki kesabaran luar biasa! usaha keras Anne akhirnya membuahkan hasil, selama satu bulan, Anne berhasil mengenalkan kata 'WATER' kepada Helen. gue ga bisa bayangin gimana bosennya gue kalo jadi Anne.. satu bulan, Anne harus mengulang-ulang kata 'water' sampe akhirnya Helen mengerti bahwa air itu 'water'. ini usaha yang keras wooy!! satu bulan,, untuk satu kata!

usaha keras Anne ga pernah sia-sia. akhirnya Anne berhasil meyakinkan Helen bahwa Helen bisa bersekolah dan menjadi apapun yang dia mau. disini hal paling hebat menurut gue. betapa tulusnya Anne meyakinkan Helen, bahwa keterbatasan fisik bukan hal penting yang harus disesali. cukup yakin saja sama kemampuan diri, dan berjalan maju dengan keyakinan itu. hanya hal hebat yang nanti akan kita temui di akhir perjalanan kita. 

Anne Sullivan orang yang paling setia. Anne terus menemani mulai dari Helen Keller yang bukan siapa-siapa, sampe Helen Keller menjadi mendunia. sampe akhirnya Anne Sullivan menjadi benar2 buta pada tahun 1935. dan setahun setelah buta Anne meninggal dunia. Anne Sullivan mendapat penghargaan dari Temple University, the Educational Institute of Scotland, dan  the Roosevelt Memorial Foundation untuk  usahanya yang tak mengenal lelah dan komitmennya kepada Helen Keller.

Anne Sullivan paling cool!! 

orang yang ada di balik kesuksesan orang lain, justru adalah orang yang paling sukses dan membekas menurut gue!





2 komentar:

Dyah Larasati :) mengatakan...

kereeennnn !!! ada bukunya lo?

Unknown mengatakan...

ada nya biografi tentang helen keller yu.. tentang Anna Sullivan ga banyak di ekpose nih.. gue jg bingung