present, is a gift from the past ...

Supported by seowaps

Senin, 11 Februari 2013

CitaCinta #20 (paspor)

kalo kata pepatah jaman dulu ituuu:

tuntutlah ilmu sampai negri cina



nah, disini pentingnya paspor!! boro2 ke cina,, ke tetangga kita malaysia aja, ga akan bisa kalo lo ga punya paspor. paspor itu apaan sih?? kalo kata om gugel, paspor itu dokumen resmi dari pemerintah yg berfungsi sebagai identitas kita kalo kita ada di negri orang. ada banyak jenis paspor,dan beragam masa berlakunya di negara lain. yang di cetak di indonesia, ada 4 jenis paspor dibedain dari warna covernya. yang warnanya hijau, itu biasanya untuk warga sipil, dicetak oleh ditjen imigrasi. paspor hijau ini dipake kalo kita mau keluar negri. ada yang warna covernya biru, ada yang hitam. cover biru dan hitam ini kalo ga salah untuk pejabat2 pemerintah dan kedinasan kalo ada urusan diplomatik sama negara yang dituju. yang terakhir, yang warnanya coklat,, ini dipake untuk naek haji. soal lama waktu berlakunya paspor imigrasi di tiap negara, itu beda2. ada yang cuma berlaku seminggu,ada yang 14 hari, ada yang berlaku 30 hari, malah ada yang berlaku sampe 3 bulan. untuk lebih jelasnya lagi, lo cari sendiri ye informasinya di gugel.


gue uda punyaa dong paspooorr~ (songong).
awalnya,, gue baca broadcast dari temen gue. isinya tentang pengalaman seorang pengusaha sukses. intinya, gimana caranya lo bisa punya wawasan yang luas dan pemikiran yang besar,, kalo lo ga pernah liat dunia. kalo lo ga pernah keluar dari kandang lo yang nyaman. kalo lo ga pernah bener2 tau cara hidup dan kebudayaan orang lain. 

dari broadcast sepele itu,, hati gue bener2 merinding. besoknya gue langsung nanya kakak gue caranya bikin paspor.. ternyata harganya lumayan mahal yee,. gue cek tabungan, alhamdulilah ternyata nyukup. jadilah gue langsung bikin paspor hari itu juga. pas bikin, bokap nyokap gue nanya, "emang kamu mau kemana?? apa buat gaya2an aja paspornya?". gue langsung jawab, "pengen bikin aja, soal bisa atau ngga nya keluar negri,, toh jatah paspor kan 5 tahun ini. seengganya dalam waktu 5 tahun ini, aku harus bisa keluar negri".

karena gue bikin paspor pake duit gue sendiri,, jadi nyokap ga bawel deh... heheheh.. akhirnya,, setelah nunggu ga nyampe seminggu kok..... taaadaaaaaaaaaa~ jadilah gue manusia yang punya paspor!! (dengan gaya doraemon). setelah punya,, rasanya ada satu beban yang ilang. gue rasanya jadi lebih optimis,, gue bisa dan akan keluar negri! yaaah, gue jadi semangat nabung dan searching2 tiket promo :p

kalo mau bikin paspor, kalian bisa bikin paspor online di website ini www.imigrasi.go.id. atau kalo yang punya waktu luang, bisa bikin manual di kantor imigrasi daerah kalian. bikin paspornya sesuai tempat asal kalian yang tertera di ktp yeeee.. maksudnya kalo ktp nya di semarang,, bikin paspornya di kantor imigrasi semarang. syarat2nya bisa tanya langsung ke kantor imigrasinya, atau bisa liat di website ini www.embassyofindonesia.org
 

Karena paspor adalah sebuah harapan

Tidak ada komentar: